8 Desember 2012

Bando Fafa

Akhir pekan telah datang! Setelah satu minggu yang hectic di kampus, rasanya 2 hari libur belum cukup. Tapi saya senang nih. Meskipun nyaris tiap hari ngampus, saya malah makin produktif ngerajut. Tahu kenapa? Karena akhirnya teman-teman saya makin banyak pula yang punya bayi, dan ini berasa dreams comes true buat saya yang pengen sering-sering ngerajut buat bayi. Ngerajut untuk bayi itu fun, karena bisa padu padan warna-warna yang lucu dan ngegemesin. Andai warna-warna itu kita pakai sendiri, ya udah nggak cocok lagi, hahaha.

Nah, salah satu baby crochet project untuk bulan ini adalah bikinin bando untuk baby Fafa, si cantik keponakan teman saya. Teman saya bahkan sudah pesan bando ini sejak Fafa masih di perut ibunya lho, tapi baru saya bikinin waktu Fafa udah sebulanan umurnya...hehe.
Dari dulu saya terobsesi untuk bikin bando bayi dengan hiasan bunga yang besar banget. Akhirnya saya bikinin Fafa bando seperti itu. Coba lihat foto di bawah. Bando bunga yang di atas itu adalah bando yang akan saya share patternnya di post ini. Bunganya sendiri sudah pernah saya bagikan di blog ini, jadi silahkan dicek ya untuk bunga tumpuk tiganya...:) Untuk bando yang di bagian bawah, pola bandonya memang saya buat sendiri. Tapi tidak saya bagikan karena jadinya nggak terlalu memuaskan, hahaha. Sedangkan bunganya saya ambil dari buku crochet Jepang.

So, yuk mulai merajut si bando Fafa. Untuk patokan ukurannya, bisa lihat panduan size chart dari bev's country cottage.


 
 
POLA
1. Buat 16 sc yang dikaitkan langsung pada karet rambut.
2. Buat 3 ch, lalu dc seluruh baris. Ulangi 3 kali lagi.
3. Buat 1 ch, dan sc pada lubang kedua dari hakpen. Buat 4 ch, lewati dua lubang, dan sc lubang berikutnya.Ulangi hingga mendapat 5 lengkungan.
4. Buat 1 ch, slst pada space/rongga lengkungan di baris sebelumnya. Buat 3ch dan 2 dc pada rongga pertama (ada kesalahan pada gambar pola, harusnya dc pertama adalah 3 ch. Maaf sebelumnya ;p) , buat 3 dc pada rongga kedua, buat 4 dc pada rongga ketiga (tengah), buat 3 dc pada rongga keempat dan kelima.
5. Ulangi pola nomor 3-4 sepanjang ukuran bando yang diminati.
6. Setelah panjang bando hampir mendekati yang diinginkan, jangan lupa untuk kembali membuat 4 baris dc seperti di awal. Akhiri dengan melakukan sc yang dikaitkan langsung pada karet rambut.
7. It's DONE! ;)




Pin It Now!

4 komentar:

  1. Wah lucunya.. mau ngikutin ah.. itu ide pake iket rambutnya lucu banget.. biar melar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep,biar fleksibel. Banyak tutorial crochet yg pakai ide karet rambut itu. Dan emang lebih nyaman sih pakainya:)

      Hapus
  2. itu pakenya benang jenis apa kak?

    BalasHapus