21 November 2012

Coffee Cup Coaster




Hei hei hei! Saya kembali lagi untuk berbagi keceriaan...lewat secangkir rajutan penuh warna! 

Yep, beberapa hari lalu saya baru saja membuat pola rajutan baru berbentuk cangkir untuk dijadikan tatakan atau alas cangkir. Dapet nggak konsepnya? Cangkir di atas cangkir! Hahahaaa.
Saya buat pola ini setelah nyaris dua bulan nggak pernah pegang hakpen lagi (akibat kuliah yang wow banget), jadi cukup menantang buat saya soalnya bentuknya lengkung-lengkung sih.

Ceritanya, si rajutan ini adalah cangkir warna-warni yang berisi kopi. Mmm, to be honest, I'm not a coffee sipper and would rather drink tea, or hot choco. Tapi...karena ide cangkir kopi ini bermula dari keinginan ibu saya yang minta dibikinin alas untuk cangkir kopinya, makanya judulnya jadi Coffee Cup Coaster. Krik.

Oke! Kita lanjut saja ke tutorial rajutnya deh. Di project ini saya pakai benang polyester dari benangrajutq. Haha, di rumah saya punya banyak banget lho benang polyester ini. Tapi sayang, semuanya berwarna 'nyala', jadinya coaster yang saya bikin nuansanya jadi ceria banget kan. Padahal maunya bikin yang sedikit kalem pake warna-warna soft gitu. Mungkin lain kali saya mesti belanja benang lagi, khusus beli polyester warna soft! Dan kenapa saya pakai polyester? Karena benangnya 'tahan banting' dan nggak mudah berserabut kayak benang katun. Polyester emang cocok buat proyek-proyek seperti tas, dompet, atau barang-barang lain yang rentan kotor.



Jadiiii, yang kamu perlukan untuk project ini adalah...
a. Tiga buah benang dengan warna berbeda. Warna 1 untuk badan dan pegangan cangkir, Warna 2 untuk kopi, dan Warna 3 untuk border atau pinggiran rajutan. 
b. Hakpen 4/0 (sesuai dengan benang polyester yang saya pakai)
c. Gunting

Sudah lengkap? Baiklah, mari kita lihat polanya! (maaf ya gambar polanya sedikit berantakan, abisnya ngegambar pola itu susah cyin ;p)

 Dan ini dia step-by-step nya!


1. Dengan menggunakan Warna 1, buat 16 chain.

2. BARIS DASAR CANGKIR (BARIS 1) Buat 3 sc, 2 hdc, 5dc, 2 hdc, 3sc dan 1 chain.

3. BARIS 2 Pindah pada sisi lain chain. Buat 15 sc pada setiap lubang/stitch. Setelah itu buat 1 chain.

4. BARIS 3 Buat 2 sc pada 1 stitch, lanjutkan dengan 13 sc, lalu buat 2 sc kembali pada satu stitch terakhir. ( Total 17 stitch). Setelah itu buat 1 chain.
    BARIS 4 Buat 2 sc pada 1 stitch, lanjutkan dengan 15 sc, lalu buat 2 sc kembali pada satu stitch terakhir. ( Total 19 stitch). Setelah itu buat 1 chain.
    BARIS 5 Buat 2 sc pada 1 stitch, lanjutkan dengan 17 sc, lalu buat 2 sc kembali pada satu stitch terakhir. ( Total 21 stitch). Setelah itu buat 1 chain.
    BARIS 6 Buat 2 sc pada 1 stitch, lanjutkan dengan 19 sc, lalu buat 2 sc kembali pada satu stitch terakhir. ( Total 23 stitch). Setelah itu buat 1 chain.

5. BARIS 7 Buat 2 sc pada 1 stitch, lanjutkan dengan 21 sc, lalu buat 2 sc kembali pada satu stitch terakhir. ( Total 25 stitch). Setelah itu buat 1 chain.
    BARIS 8  - 13 Buat 25 sc. ( Total 25 stitch). Setelah itu buat 2 chain.

6. BARIS 14 Buat 5 dc, 3 hdc, 9 sc, 3 hdc, 5 dc. ( Total 25 stitch). Setelah itu buat 1 chain.

7. BARIS 15 Ganti ke Warna 2, tapi jangan gunting sisa benang Warna 1. Buat 2 sc dimulai dari stitch ke empat dari chain baris sebelumnya (lihat gambar pola). Setelah itu buat 3 hdc, 9 dc, 3 hdc dan 2 sc. Gunting dan rapikan sisa benang Warna 2. ( Total 19 stitch).

8. BARIS 16 Pasang lagi benang Warna 1 pada hakpen, mulai dengan membuat 5 sc dimulai dari atas 3 stitch dc di baris 14 hingga 2 stitch sc di baris 15 (lihat gambar pola). Lalu buat 3 hdc, 9 dc, 3 hdc. Buat 5 sc lagi yang di mulai dari atas 2 stitch sc di baris 15 hingga 3 stitch dc di baris 14. Gunting benang dan rapikan. ( Total 25 stitch).

9. PEGANGAN CANGKIR Menggunakan benang Warna 1, buat 12 chain dimulai dari bagian pinggir baris 8 dan slst pada pinggiran baris 12. Slst lagi pada pinggiran baris 13, lalu sc seluruh chain sebelumnya. Slst pada pinggiran baris ke 7. Gunting benang dan rapikan.

10. BORDER Dengan menggunakan benang Warna 3, sc pada keseluruhan pinggiran cangkir.

11. And...your Coffee Cup Coaster is done! Cute, aren't they? :)


Did you enjoy making it? Please share your story and leave a comment if you would. 
xoxo,
tara

Pin It Now!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar