19 November 2012

Nyam Nyam Chewy Dark Brownies

Halo! Selamat sore dari Surabaya yang tak kunjung hujan di awal November ini. :)
Bagaimana kabarmu? Semoga tidak sekacau ritme kegiatan saya belakangan ini yaa, haha! Setelah mereview secara kasar blog saya yang hore ini, waaa jadi sadar ternyata saya bukan blogger yang rajin. Liat deh, sarang laba-laba dimana-mana! Jadi kalau ada waktu super senggang seperti long weekend kemarin, pasti saya manfaatkan untuk bikin postingan baru. Because long weekend means a bunch of time for doing some crafty stuff, and...baking some goods!

Baking some goods? Tara, you cook? Yes, I do! Haha, saya suka masak lhooo. Apalagi eksperimen bikin resep-resep masakan baru, meski sering gagal juga (ups). Well, my most favourite things to do in kitchen are cook some noodles and...baking brownies! Saya paling suka makan brownies yang bener-bener dark, dan nggak terlalu manis. Kalau beli di toko-toko, susah nemu brownies yang bener-bener dark cokelatnya dan nggak manis-manis amat. Makanya saya sering 'koleksi' dark chocolates untuk dijadiin brownies. Apalagi kalau ada kesempatan ke luar negeri, pasti wajib beli cokelat hitam. Dan karena kebetulan bulan lalu saya baru saja dari Singapore, jadi saya langsung nyari-nyari toko nya Royce, cokelat favorit ibu saya. Toko cokelat Royce ada di Marina Bay Sands. Dan di sana yang saya beli cuma dark chocolates! Biarpun ada jenis cokelat mulai dari milk sampai liquoir, saya cuma mau dark choco! Hahaa.

Nah karena stok cokelat hitam sudah terkumpul, maka ini saat yang tepat untuk bikin brownies cokelat favorit. Nih saya bagi-bagi resepnya. Di resep ini saya pakai tiga 'sumber' cokelat. Saya pakai kakao bubuk (van houten is the best!), dark choco bars (saya pakai cokelat Royce dan Hershey's) dan chocochip. Karena saya pakai choco bar, maka brownies saya jadi chewy, dan lebih lembut. Sebenarnya dark chocolate bisa diganti cooking chocolate seperti yang dijual di toko bahan kue. Tapi bagi saya cooking chocolate lokal itu terlalu manis. Atau bisa juga diganti dark chocolate merk lokal seperti Silverqueen (my favourite too!), tapi sayangnya di dalamnya ada kacangnya. Mungkin enak kali ya kalau kacangnya juga ikut dimasak...mungkin. Lain kali saya coba deh.

So...ini dia resepnya!

Dark Brownies a la crafty-tara

150 gr tepung
75 gr palm sugar
75 gr gula pasir
3 butir telur
175 gr mentega tawar
90 gr dark chocolate bar cincang
60 gr kakao bubuk
1/2 sendok teh garam
3 sendok teh vanilla
...dan chocochip sebanyak yang kamu mau :)

Bikinnya cukup simpel lho:
1. Campurkan bahan-bahan kering, yaitu tepung, palm sugar, kakao bubuk, garam, vanilla. Sisihkan.
2. Masukkan mentega tawar dan cokelat hitam cincang dalam mangkok, tim di atas panci berisi air panas hingga mentega dan cokelat leleh.
3. Masukkan lelehan mentega ke dalam wadah adonan, masukkan telur satu persatu dan kocok hingga tercampur. Setelah telur masuk semua, masukkan gula pasir dan aduk hingga larut.
4. Setelah adonan mentega telur tercampur rata, masukkan campuran bahan-bahan kering. Setelah tercampur rata, masukkan chocochip perlahan.
5. Tuangkan adonan di loyang yang sudah diolesi mentega. Saya pakai loyang ukuran 23 x 3 cm.
6. Panggang dalam suhu sekitar 100-150 derajat celcius selama 20-30 menit.
7. Voila, you're done! Enjoy your home made brownies! ;))




*See ya till the next posts, ;)
xoxo, Tara Pin It Now!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar