19 November 2012

Knitty Headband



Have I told you that I looooove wearing headbands AND making them? Haha, kayaknya saya bakal sering ngeposting tentang bikin bando-bando deh, *wink ;)*
Nah, ide postingan saya kali ini dimulai dari segelintir sisa benang biru yang dipakai untuk dibikin sarung tangan, persis seperti sarung tangan yang dulu pernah saya bikin. Cuma beda warna aja. Sisa benang sarung tangan yang ada rasanya sayang untuk dibuang. Meskipun tinggal sedikit, sepertinya masih bisa dipake deh. 

Saya pun berencana untuk membuat bando baru yang simpel tapi one of a kind! Akhirnya benang sisa tadi saya rajut dengan teknik knitting/breien yang tersimpel, yaitu knit dan purl! Gampang, nggak ribet dan hasilnya bagus. Nah bando biru yang ada di foto atas itu adalah hasil jadinya. Tapi saya nggak puas, bandonya keliatan jelek dan nggak cantik gara-gara bagian bawah rangka bando plastiknya masih keliatan. Jadi saya bikin bando lagi dan kali ini pakai benang katun pink dari Double Crochet. Sebelum menempelkan hasil rajutan pada rangka bando plastik, saya memasang kain dulu untuk bagian bawahnya. So, ikuti langkah-langkah di bawah ini yaaa. :D

Bahan-bahan:
1. Benang Katun dengan warna favoritmu, plus stick rajut yang sesuai dengan ukuran benang. Di project ini benang yang saya pakai diameternya mirip seperti ICT (Indonesian Cotton Thread).
2. Kain perca
3. Rangka bando plastik selebar 1 cm
4. Gunting
5. Double Tape

Gimana? Bahan dan peralatan sudah lengkap? So let's knitting! :)


 1. Buat 6 Cast On. Setelah itu mulai dengan knit seluruh stitch. Lalu ikuti pola ini: 
  • Baris Genap : k, p, p, p, p, k.
  • Baris Ganjil : knit seluruh stitch.
Lakukan hingga panjang rajutan mencapai 30 cm
Oiya, sebelumnya sesuaikan jumlah tusukan sesuai benang yang dipakai. Untuk bando biru yang saya buat sebelumnya, saya pakai pola seperti ini
  • Buat 4 Cast on
  • Baris Ganjil : knit seluruh stitch
  • Baris Genap : k, p, p, k.
Pola bando biru memakai lebih sedikit cast on karena diameter benangnya lebih besar. Jadi jangan lupa sesuaikan dengan ukuran rangka bando nya yaa.
 
  2. Nanti hasil rajutan akan seperti foto di atas. Bentuknya akan melengkung dan susah diatur, tapi nggak papa, hasil akhirnya pasti cantik! ;)

3. Setelah itu porong kain perca dengan ukuran 3 x 30 cm. Tempelkan double tape pada kain perca.
4. Rekatkan sisi lain double tape pada bagian bawah rangka bando plastik, seperti gambar di atas.
5. Rapikan sisa-sisa pinggiran kain ke bagian atas rangka bando.

 6. Nah, kita sampai pada bagian yang paling membutuhkan kesabaran, tapi tenang, do it as slowly as you can. No need to hurry, and everything will be just fine!
Tempelkan double tape pada bagian atas rangka bando. Buka double tape, dan rekatkan rajutan secara perlahan dan rapi hingga menutupi seluruh bagian rangka.

Sudah selesai menempel rajutan kah? 
Congratulation! You've just done your very own knitty headband!



Sampai jumpa di cerita crafty berikutnya!
xoxo,
tara

Pin It Now!

2 komentar:

  1. Hello,

    Tutorialnya inspiratif sekali, bantu para crafter lainnya untuk membaca DIY tutorial eBooknya di omaikraf.com yaa ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa, aku telat nih baru buka website omaikraf. Ebooknya keren-keren, aku udah donlot banyak! :3

      Hapus