14 Mei 2013

Sarung Bantal Pelangi



Hai crocheters! Saya kembali lagi dengan mempersembahkan...pola sarung bantal rantai! Seperti biasa, pola sarung bantal ini cukup sederhana dan merupakan contoh rajutan 'on-the-go' alias rajutan yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus bolak-balik ngeliatin gambar polanya. Gampang deh inget polanya. 

Selain itu, ada sedikit cerita  dibalik terciptanya pola sarung bantal ini. Benang yang digunakan di project ini adalah benang yang saya beli waktu study tour ke Bangkok beberapa bulan lalu. Alasan  memilih benang warna pelangi ini pun mengenaskan sekali. Haha, saya memilih benang pelangi ini karena kebetulan benang ini harganya yang paling muraaah di antara benang lain di toko itu. :')
Benang ini ada di mall Siam Paragon yang department storenya ternyata punya craft corner yang bisa bikin kalang kabut! Mereka menjual bahan-bahan rajutan dan jahit-jahitan mulai dari benang, kain, jarum, aplikasi dan AAAK SEMUANYA LUCUUU!!! Serius, saya mau ditinggal di tempat itu berjam-jam daripada harus ikut jadwal study tour, hehe! Tapi, biarpun semua barangnya lucu maksimum, rupanya hasrat pengen beli ini itu nggak sejalan sama isi dompet. Benang-benang di sini cenderung mahal, sekitar 300 baht ke atas untuk segulung benang 100 gr. Kalau di rupiahkan, harganya memang sama seperti harga benang-benang import. Nah yang dijual di department store itu memang benang-benang import dengan beberapa brand yang juga banyak dijual di Indonesia. Saya pun menanyakan benang lokal yang benar-benar asli made in Thailand, tapi ternyata mereka nggak punya. Akhirnya mbak penjualnya memperlihatkan saya benang rainbow yang memakai brand Thailand meskipun made in Japan. Dan ternyata benang ini termasuk yang paling murah dibanding yang lain, secara 'cuma' 100 baht untuk 50 gramnya! Tetep aja ya murahan benang lokalnya kita, tapi nggak papa deh...biar nggak nyesel begitu sampai di Indonesia ;p

Sarung bantal ini tersusun dari bagian depan dan bagian belakang yang memiliki pola sama, tapi teknis merajutnya sedikit berbeda supaya menghasilkan lubang masuk bantal di bagian belakang yang tidak memerlukan zipper atau risluiting. Semoga foto dan tutorial nya bisa mempermudah ya... Enjoy!


BAGIAN DEPAN
Mulai dengan membuat 73 CHAIN/RANTAI
Baris 1 Buat lagi 6 CHAIN, lalu SC pada lubang ke 11 dari ujung hakpen. Sekarang kamu sudah mendapatkan satu lengkungan rantai. *Buat 6 CHAIN, lewatkan 3 lubang, SC pada lubang berikutnya*. Ulangi langkah yang berada di dalam tanda bintang (*) hingga mendapat 17 lengkungan rantai. Setelah itu, buat 3 CHAIN dan 1 DC yang dimasukkan pada lubang rantai terakhir.

Baris 2 *Buat 6 CHAIN, SC pada lengkungan rantai berikutnya, buat PICOT*. Ulangi langkah yang berada di dalam tanda bintang (*) hingga mendapat 17 lengkungan rantai. Setelah itu, buat 3 CHAIN dan 1 DC yang dimasukkan pada lubang rantai terakhir.

Ulangi Baris 2 hingga rajutan mencapai panjang 40 cm. Jika sudah mencapai 40 cm, gunting benang dan rapikan sisa benang

BAGIAN BELAKANG
Pola untuk bagian belakang sarung bantal, sama persis dengan pola BAGIAN DEPAN. Namun ada langkah yang harus dilakukan untuk membuat 'lubang masuk bantal' tanpa harus menjahitkan zipper/risluiting.
Caranya adalah, ikuti lagi pola rajut BAGIAN DEPAN mulai dari langkah awal. Setelah panjang rajutan mencapai 30 cm, lakukan SLST di tepi rajutan hingga 'turun' sebanyak 10 cm. Buat kembali 73 CHAIN, lalu SLST di bagian seberang rajutan. Ulangi lagi langkah-langkah awal pada pola BAGIAN DEPAN. Lanjutkan rajutan hingga keseluruhan BAGIAN BELAKANG mencapai panjang 40 cm.
PS: Anw, di foto terlihat kalau saya nggak merajut 'menurun' sepanjang 10 cm (maaf! ;p). Tapi pola ini kemudian saya coba lagi dengan mencoba merajut slst 'menurun' sepanjang 10 cm dan...hasilnya lebih bagus!

PENYELESAIAN
Gabungkan BAGIAN DEPAN dan BAGIAN BELAKANG dengan melakukan SC di sekeliling tepi rajutan, dan pastikan SC tersebut menembus kedua lapisan bagian hingga menyatu. Setelah SC di sekeliling rajutan selesai, gunting benang dan rapikan. You're done!

So, how's the pattern? Kalau ada yang membingungkan atau mau tanya apa saja, silahkan tinggalkan komentar di bawah :)
xoxo, tara
















Pin It Now!

3 komentar:

  1. Hi kak Tara :)
    colorful bantal nya yaa :)
    aku mau nanya dong, ini pake hakken ukuran berapa kak? kalo bikin sarung bantal pake benang katun bali dan soft cotton bagus gak kak? bagusan pake benang apa ya kak kalo bikin sarung bantal? aku lagi belajar ngerajut dan pengen banget bikin sarung bantal. makasiiih ;)

    BalasHapus